h1

Manfaat Apitherapy (Terapi Lebah)

Oktober 19, 2012

Ada ratusan terapi alternatif yang tersedia untuk untuk mencoba. Namun salah satu terapi paling sedikit diketahui dan mungkin diterima adalah apitherapy.

Apa itu Apitherapy?

Apitherapy sering juga disebut terapi lebah dan merupakan penggunaan produk lebah untuk mengobati penyakit yang berbeda. produk dari sarang lebah yang digunakan dalam apitherapy adalah serbuk sari lebah (bee pollen)/ roti lebah (bee bread), madu, propolis, lilin lebah dan royal jelly namun yang utama yang digunakan adalah racun lebah.

Penggunaan produk lebah dan racun lebah telah lama digunakan dalam peradaban Yunani kuno, Mesir dan Cina. Bahkan diyakini bahwa Hippocrates yang dianggap sebagai bapak kedokteran benar-benar menggunakan sengatan lebah untuk mengobati orang untuk penyakit seperti arthritis. Selain itu pada tahun 1888 Philip Terc menerbitkan sebuah makalah tentang racun lebah dan rematik. Dewasa ini sengatan lebah mulai banyak digunakan di seluruh dunia sebagai pengobatan untuk berbagai macam penyakit yang berbeda.

Manfaat Apitherapy bagi Kesehatan

Semua produk sarang lebah memiliki manfaat yang berbeda dan dapat digunakan dengan cara yang berbeda.

1. Bee Venom – ini dapat diberikan kepada orang sebagai sengatan langsung atau dapat diberikan melalui jarum atau dalam bentuk kapsul. Sengatan lebah telah terbukti mengandung zat-zat seperti adolapin dan melittin yang merupakan zat anti-inflamasi dan dianggap lebih kuat daripada produk obat-obatan seperti kortisol. Untuk alasan ini, sengatan lebah dianggap sangat efektif untuk mengobati radang sendi, rematik radang kandung lendir, dan tendinitis.

2. Bee Pollen – produk ini mengandung vitamin dan mineral dan dapat digunakan sebagai suplemen gizi. Selain itu dapat menjadi obat yang efektif bagi orang yang menderita alergi musiman seperti demam. Dapat digunakan sebagai anti-penuaan dan meningkatkan performa atletik.

3. Madu Murni – adalah madu yang belum diproses dengan cara apapun dan dianggap menjadi sumber energi. Selain itu diyakini memiliki sifat antibakteri yang bisa digunakan untuk merawat hal-hal seperti sakit tenggorokan.

4. Royal Jelly – sejumlah klaim tentang manfaat kesehatan dari royal jelly dan beberapa mengatakan bahwa royal jelly dapat membantu mengatasi kelelahan, kemandulan, asma, dan kurangnya nafsu makan. Selain itu penelitian telah menunjukkan bahwa royal jelly bisa berguna untuk mengurangi kadar kolesterol. Royal jelly banyak digunakan di sejumlah produk anti-penuaan, seperti krim wajah.

Hal yang harus diperhatikan dalam Apitherapy

Ada beberapa orang yang tidak boleh melakukan apitherapy atau harus berhati-hati. Sebagai contoh jika Anda memiliki alergi terhadap sengatan lebah maka anda perlu berhati-hati. Kebayanyakan orang mungkin tidak menyadari adalah penting untuk memilih apitherapist yang berpengalaman untuk menghindari reaksi alergi tersebut karena bisa berakibat sangat parah.

Referensi Tulisan : http://tyanto.wordpress.com/2011/05/25/manfaat-apitherapy-terapi-lebah/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: