h1

Cara Mudah Mendeteksi Kesehatan

Februari 2, 2012

Ada cara lebih mudah dan murah untuk mendeteksi kesehatan Anda. Dengar saja apa kata tubuh Anda.
1. Siklus Menstruasi
Anda rajin mencatat tanggal menstruasi setiap bulan? Good! Ini bisa Anda gunakan untuk memantau apakah ada yang tidak biasa dengan tamu bulanan. Pasalnya, sebagian perempuan berusia 30 tahunan mungkin mengalami perdarahan abnormal di luar menstruasi karena adanya perubahan hormonal. Namun, tak perlu panik. Anda cukup memeriksakan diri ke dokter kandungan atau kebidanan untuk mengatasinya. Sebagai catatan, siklus menstruasi tidak selalu harus teratur. Normalnya antara 21 sampai 35 hari.

2. Berat Badan Perempuan yang BB-nya bertambah
Perempuan yang BB-nya bertambah 10 kg sesudah usia 18 tahun memiliki risiko mengidap kanker payudara 40% lebih tinggi daripada wanita yang pertambahan BB-nya hanya sekitar 3 kg. Untuk menjaga BB ideal, Anda cukup melakukan olahraga secara teratur dan batasi asupan karbohidrat.

3. Benjolan di Tangan
Rabalah tangan Anda. Bila ada benjolan di telapak tangan, ini bisa merupakan tanda bahwa Anda kekurangan omega3. Zat ini berguna untuk membantu mengurangi risiko sakit jantung dengan melindungi pembuluh darah dari pengerasan. Untuk meningkatkan asupan omega3, Anda dapat mengonsumsi minyak ikan sebanyak 1.000 mg sehari dan makan ikan yang berlemak seperti ikan salmon sekali atau dua kali seminggu.

4. Cermati air seni
Warna air seni sangat dipengaruhi makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Namun, warna air seni bisa juga dipengaruhi adanya gangguan di saluran kencing (infeksi, batu, tumor dll) ataupun gangguan sistemik lain dari tubuh (hepatitis, gangguan empedu, dll). So, jangan anggap remeh warna air seni. Paling gampang minum air putih sebanyak-banyaknya dan cek ketika buang air kecil apakah air seni masih berwarna. Jika iya, segera hubungi ke dokter terdekat untuk diperiksa. Jika perlu periksa urine di lab.

5. Sakit Kepala
Bila dalam sebulan Anda mengalami sakit kepala lebih dari sekali, ini merupakan tanda Anda sedang menanggung beban yang terlalu berat. Banyak hasil penelitian menyimpulkan, stres kronis akan melemahkan sistem kekebalan dan meningkatkan risiko terserang sakit jantung.

6. Tahi Lalat
Bila Anda memiliki lebih dari 50 tahi lalat di tubuh, well Anda berisiko mengidap manoma atau kanker kulit yang membahayakan. Terlebih jika ada sejarah kanker kulit di keluanga atau aktivitas Anda banyak dilakukan di bawah sinar matahari. Untuk lebih memastikannya, Anda harus memeriksakan diri ke dokter kulit minimal setahun sekali. Setelah itu, Anda cukup memantau kondisi kulit dan memeriksanya setiap dua sampai tiga bulan sekali.

Solusi : mandi yang bersih jangan biarkan lalat BAB di tubuh anda…..
7. Lingkar Pinggang
Selama ini Anda mungkin hanya mengukur lingkar pinggang saat menjahitkan baju ke penjahit. Mulai sekarang lakukan lebih sering di rumah dan sebaiknya ukuran lingkar pinggang tidak lebih dari 32 inci atau 80-an cm. Menurut penelitian, perempuan dengan lingkar pinggang kecil memiliki risiko serangan jantung yang lebih kecil. Sedangkan lingkar pinggang besar menunjukkan risiko yang besar pula terhadap kelebihan kolesterol, penyakit gula, dan sakit jantung.

8. Warna Kuku
Jika kuku Anda terlihat pucat, ditambah warna bibir juga pucat, badan lemah, keletihan yang luar biasa dan cepat tersinggung, itu artinya Anda sedang mengidap gejala anemia yang serius. Kebanyakan kasus anemia bisa diatasi dengan suplemen zat besi. Namun jika kondisinya seperti gejala di atas, segeralah periksakan ke dokter.

9. Lemak Toksik
Coba Anda berbaring dan tekan perut. Lakukan di pagi hari sebelum sarapan. Bila perut rata, berarti Anda baik-baik saja. Namun, jika perut terlihat buncit kemungkinan Anda kelebihan lemak. Tipe lemak toksik yang terdapat pada perut bagian dalam atau di sekitar ginjal dan hati berisiko meningkatkan penyakit kanker, jantung, dan diabetes.

10. Benjolan di Payudara
Sebaiknya Anda rutin memeriksa payudara beberapa hari setelah haid. Pasalnya, 1-2 minggu sebelum menstruasi, beberapa kelenjar kecil dalam payudara membengkak. Kondisi ini bisa terjadi sebagai kejadian rutin (atau hanya kadang-kadang) dari siklus haid. Biasanya menjelang haid, ditemukannya benjolan-benjolan biasa yang tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika setelah haid benjolan tak juga hilang, Anda harus mewaspadai kehadiran kanker payudara.

11. Periksa Mata
Jika tiba-tiba Anda bersin-bersin terus, ini kemungkinan disebabkan alergi. Coba tarik ke bawäh pinggiran mata bagian bawah dan perhatikan bagian dalamnya. Bila ada benjolan seperti batu bulat, kemungkinan Anda alergi terhadap sesuatu (bisa karena debu, jamur, atau bulu binatang). ERMA/CHIC

Sumber : http://dhammacitta.org/forum/index.php?PHPSESSID=qvdfs8qlj4p9q787s53pfhjnh0&topic=5236.0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: