h1

Cara Menurunkan Kolesterol

Januari 3, 2012

Ada banyak cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi baik secara alami maupun kimiawi. Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh maka sebaiknya secara berkala kita dapat melakukan test pemeriksaan kadar kolesterol darah dimana dengan pemeriksaan ini akan memberikan data perkiraan kadar kolesterol yang beredar dalam sirkulasi darah sehingga kita dapat melakukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembulub darah.

TIPS MENURUNKAN KOLESTEROL TINGGI

Beberapa tips untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah adalah :

1. Berolahraga secara teratur dan memperbanyak aktivitas fisik minimal jalan kaki tiap hari 30-40 menit agar terjadi pembakaran lemak dan kalori

2. Turunkan berat badan agar tetap seimbang dan proporsional (pertahankan berat badan ideal)

3. menghindari minuman bersoda, alkohol, dan merokok

4. mengurangi karbohidrat dan asupan makananĀ  dengan kadar lemak jenuh

5. Memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan mengandung fitosterol karena fitosterol sepertikacang tanah, kedelai, apel, pisang, anggur, melon, buncis, brokoli, kembang kol, gandum dan beras merah mengandung serat tinggi dan dapat menghambat penyerapan kolesterol pada usus.

6. Hanya mengkonsumsi susu skim, keju, krim asam dan yoghurt yang rendah lemak (sesekali)

7. mengurangi konsumsi daging yang berlemak

8. menghindari makanan yang banyak mengandung lemak dan kaya akan kolesterol misalnya kentang goreng, dan makanan cepat saji lainnya seperti tortilla, hot dog, burger, kue kering dan hidangan pencuci mulut lainnya

9. Hindari makanan yang diolah dengan cara menggoreng tapi mengkonsumsi makanan yang direbus, dipanggang, ataupun dibakar

MAKANAN PENURUN KOLESTEROL TINGGI
Selain tips yang telah disebutkan diatas anda juga dapat menurunkan kolesterol dengan mengatur bahan makanan pilihan dimana makanan yang dikonsumsi tidak melebihi ambang 30% dari jumlah total kalori yang berasal dari lemak dan untuk lebih amannya konsumsilah makanan dengan kadar asam lemak jenuh kurang dari 7%. Berikut ini adalah pilihan makanan yang dapat menurunkan kolesterol secara cepat :

1. Gandum : seorang nutrisi yang bernama Colleen Pierre dari Sport Medicine Center at Union memorial Hospital di Baltimore, merekomendasikan bahwa gandum berkhasiat untuk menurunkan kolesterol karena bahan makanan ini kaya akan serat dan juga mudah larut.

2. Buncis : sayuran ini juga merupakan salah satu sumber serat yang mudah larut dan melancarkan sistem pencernaan.

3.

Dilanjut,,,,,,

reference : http://www.metris-community.com/cara-menurunkan-kolesterol-tinggi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: