h1

Daftar Makanan Pelangsing

Juni 25, 2010

Ingin menurunkan bobot tubuh? Jika itu tujuan kita, perbanyaklah asupan makanan tinggi protein.

Mengapa? Sebab dengan mengonsumsi lebih banyak makanan kaya protein berarti kita secara otomatis memangkas asupan karbohidrat. Dalam diet tinggi protein, total kalori yang kita akan dapatkan berasal dari protein. Pada diet biasa, kita akan mendapatkan 10-15% kalori yang berasal dari protein. Sedangkan dalam diet tinggi protein, angka ini akan meningkat hingga 30-50%.

Tidak hanya mampu ‘mengunci’ perut kita dari rasa lapar karena sulit dicerna, makanan tinggi protein juga akan  mengubah metabolisme seseorang. Ketika asupan karbohidrat sangat terbatas, maka tubuh akan membakar lemak untuk menjadi “bensin”, atau biasa kita sebut ketosis. Dan kondisi ini akan membantu proses pengikisan bobot tubuh. Namun, apabila tidak dilakukan dengan benar, program diet ini bisa menyebabkan keluhan seperti, mual, sakit kepala, dan memberatkan fungsi lambung, ginjal serta hati.

Berikut daftar beberapa asupan tinggi protein yang rendah lemak dan cukup karbohidrat. Dan sudah pasti siap menjadi alat pamungkas dalam menurunkan berat badan kita :

Steak sapi rendah lemak.
Daging sapi merupakan salah satu jawara makanan tinggi protein, asalkan kita pintar dalam memilihnya.  Dengan mengonsumsi daging sapi rendah lemak, kita akan mendapatkan semua kandungan protein dengan kadar lemak yang sedikit. Faktanya, potongan daging sapi rendah lemak hanya memiliki sedikit kandungan saturated fat (lemak jenuh) dari daging dada ayam tanpa kulit dengan ukuran yang sama.

Berkawan dengan daging putih.
Daging ayam dan unggas sudah dikemas dengan kandungan protein yang tinggi, dan pastinya akan memberikan lemak yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan daging merah. Untuk mendapat ‘diskon’ yang lebih lagi, buang kulitnya yang mengandung lemak jenuh.

Hidangan laut.
Selain tinggi protein, hampir semua ikan rendah akan lemak. Bahkan, ikan salmon yang tinggi lemak juga adalah pilihan yang baik. Mengapa? Sebab kandungan lemak dalam ikan salmon, yaitu asam lemak Omega-3, merupakan lemak yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Dan terkadang lemak sehat ini, sering lupa dimasukan ke dalam program diet kita.

Telur.
Ingin mendapatkan asupan protein dengan harga terjangkau, mudah didapat, dan pastinya lezat? Telur adalah jawabannya. The American Heart Association menyatakan, satu butir telur setiap hari sangat aman bagi orang dewasa yang sehat. Mengonsumsi  telur dan roti panggang sebagai sarapan, mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori sepanjang hari.

Olah susu rendah lemak.
Berbahagilah para pecinta susu, keju, dan yogurt, tidak hanya tinggi protein, makanan olahan susu ini juga akan memberikan kita asupan kalsium bagi tulang yang kuat dan jantung yang sehat. Usahakan mendapatkan 2-4 porsi produk olahan susu yang rendah lemak atau bebas lemak setiap harinya.

Sayur dan buah.

Ini hukum wajib. Tidak peduli apakah protein yang dikejar dalam program diet kita, pastikan untuk selalu menyediakan ruang untuk sayuran dan buah dalam menu makan kita. Asupan ini merupakan tambang emas nutrisi yang mengandung antioksidan yang tidak ditemukan pada kebanyakan makanan yang lain. Tidak hanya itu, sayuran dan buah-buahan juga mampu menurunkan risiko kanker. (Astrid Anastasia)

Reference :

http://preventionindonesia.com/article.php?name=/daftar-makanan-pelangsing&channel=nutrition_and_recipes%2Fpower_foods

One comment

  1. Saya pengen kurus! Nanti saya cobA ini,



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: