h1

Makanan Penajam Kerja Otak

Mei 23, 2010

Ternyata bukan hanya lingkar pinggang yang butuh pemilihan makanan dan porsi tepat. Otak kita juga akan kelelahan jika kita memilih makanan yang salah. Karena itu, berilah otak makanan yang sehat dan makanan-makanan itu adalah:

Kafein membuat kita lebih waspada : Sudah banyak yang membuktikan kemampuan kafein dalam membuat kita lebih bernergi dan membantu otak berkonsentrasi lebih baik. Temukan kafein dalam kopi dan cokelat. Tapi perlu diingat mengonsumsi kafein terlalu banyak justru akan membuat otak kita tak nyaman karena itu batasi cangkir kopi kita hanya 2 gelas setiap hari dan sebatang cokelat sehari.

Bagun jaringan otak dengan protein: Jika pada program diet, protein akan membuat perut kita tidak mudah keroncongan. Tapi bukan hanya perut yang menikmati protein, otak kita akan membentuk lebih banyak jaringan ketika asupan protein dalam tubuh lebih banyak ketimbang karbohidrat dan lemak.

Ikan, makanan kesukaan otak: Omega-3 yang banyak di dalam ikan adalah lemak esensial yang dapat memaksimalkan pertumbuhan otak. Itu mengapa orang yang gemar mengonsumsi ikan mengalami kecenderungan terbebas dari kepikunan dan stroke, hingga kemunduran mental. Sebaiknya nikmati ikan-ikan laut yang tinggi Omega-3, sebanyak 2 porsi setiap minggu.

Kacang-kacangan dapat menyelamatkan kita dari kepikunan: Kacang-kacangan kaya akan vitamin E yang merupakan antioksidan sehingga masalah radikal bebas dapat dibebaskan dari otak. Apabila kita menggabungkan kacang-kacangan dengan cokelat maka manfaatnya tak hanya membebaskan otak dari radikal bebas, tapi juga menstimulasi tingkat konsentrasi pada otak secara alami.

Tambahkan avokad dan gandum utuh : Setiap organ tubuh kita sangat tergantung pada aliran darah, khususnya organ jantung dan otak. Dan saat kita mengonsumsi gandum utuh plus avokad maka saluran pembuluh darah di jantung serta otak tak memiliki hambatan. Ini nantinya akan membuat sel-sel otak kita bekerja dengan maksimal.

Selain melatih otak dengan permainan teka-teki silang, lengkapilah kemampuan otak kita dengan nutrisi yang terbaik. Dengan begitu kita tak perlu takut lagi dengan proses penuaan sebab otak kita tetap akan tajam seperti anak muda! (Siagian Priska)

Reference :

http://preventionindonesia.com/article.php?name=/makanan-penajam-kerja-otak&channel=nutrition_and_recipes%2Fpower_foods

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: