h1

Ubah Kebiasaan Makan Anda

April 24, 2010

Jakarta – Hidup sehat tidak hanya dari jeli memilih jenis makanan, tapi juga kebiasaan makannya harus ikut dicermati. Berapa besar porsi yang harus dimakan, pukul berapa harus makan, hingga berapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

Berlebaran dengan menyantap aneka hidangan manis dan lezat bisa mengganggu pola makan Anda. Karena itu ada baiknya awal minggu ini mulailah membenahi pola makan plus kebiasaan makan.

Kebiasaan makan ternyata memiliki pengaruh yang cukup penting bagi tubuh dalam proses pembakaran lemak. Berikut beberapa kebiasaan makan yang sebaiknya dilakukan:

1. Makan 5-6 kali Makanan Kecil Tiap Hari.
Selain makan tiga kali sehari, sebaiknya Anda juga memakan lima jenis makanan kecil. Manjakan diri Anda dengan mengkonsumsi seporsi kecil dessert di malam hari. Anda juga seharusnya mengkonsumsi sarapan setidaknya satu jam sebelum bekerja. Hal ini karena metabolisme tubuh Anda telah beristirahat semalaman dan sarapan membantu untuk melakukan pemanasan kembali sebelum melakukan rutinitas.

Banyak orang menganggap remeh sarapan pagi, karena menurut mereka akan mengurangi lemak dan kalori yang masuk dalam tubuh dalam sehari. Padahal justru sebaliknya, jika Anda tidak sarapan  Anda akan merasakan kelaparan di siang hari dan juga memperlambat kerja metabolisme tubuh Anda. Kuncinya, adalah bukan mengurangi makan Anda tapi pilihlah makanan dengan lebih cermat.

Yang terpenting disini bukanlah porsi makanannya, tapi frekuensi makan yang ditambah tapi dalam porsi yang lebih kecil tentu saja. Hal ini akan mengurangi rasa lapar sepanjang hari. Jika kita mengkonsumsi protein, serat, dan minum banyak air putih, pasti akan merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama, sehingga menghindarkan Anda mengkonsumsi camilan lebih sering.

2. Makan Banyak Meningkatkan Metabolisme

Percaya atau tidak, jika kita makan beberapa kali dalam sehari dalam jumlah yang cukup justru membantu proses metabolisme jadi lebih baik dan juga membakar lemak dan kalori lebih besar. Tentu saja makanan yang disarankan adalah makanan yang tinggi serat dan jug aprotein. Boleh saja mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, tapi jangan berlebihan.

3. Berhenti Makan 3 Jam Sebelum Tidur

Dilarang makan setelah pukul 7 malam! Larangan ini sangat masuk akal. Karena perhitungannya Anda akan pergi tidur sekitar pukul 9 atau 10 malam. Jika Anda masih mengkonsumsi makanan diatas pukul 7 malam, otomatis waktu Anda untuk tidur jadi lebih singkat. Apa yang sudah Anda makan tidak akan diproses oleh tubuh, justru hal ini yang menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh.

Selain itu , jam makan malam yang semakin larut dapat menyebabkan kram perut dan juga penumpukan gas dalam tubuh di pagi hari. Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan tidak ‘ngemil’ saat malam hari. Makan pada saat malam hari memaksa tubuh menggunakan energi  untuk mencerna makanan yang seharusnya sudah dalam kondisi istirahat.

4. Jangan Makan Saat Emosi
Ini mungkin lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Saat emosi seperti stres, depresi, senang, atau kurang perhatian dari orang sekeliling Anda ternyata membawa pengaruh dalam kebiasaan makan. Perasaan senang, ataupun kesepian emnstimulus otak untuk makan meskipun sedang tidak merasa lapar.

5. Kurangi Sodium
Sodium dapat mengikat air sehingga membuat perut terlihat lebih bergelambir daripada kenyataannya. Berhati-hatilah, banyak orang mengaitkan makanan yang mengandung sodium pasti rasanya asin. Padahal sodium bisa saja terkandung di semua jenis makanan tak melulu makanan dengan rasa asin. Sodium banyak digunakan untuk mengawetkan makanan. Hampir semua makanan kaleng mengandung sodium yang cukup tinggi. Padahal sehari-hari Anda sering menggunakan makanan kalengan.

6. Menganalisa Kebiasaan Makan
Nah, kalau sudah tahu apa saja yang sebaiknya dilakukan kini saatnya melihat kembali kebiasaan makan Anda. Apakah Anda sarapan satu jam sebelum memulai aktivitas? Apakah Anda memakan camilan disela-sela waktu makan Anda? Dan makanan apa yang menjadi camilan Anda?

Kalau Anda memakan camilan disela-sela waktu makan besar, sebaiknya pilih yang sehat seperti buah dan sayuran. Boleh juga mengkombinasikannya dengan makanan lain seperti buah apel dengan selai kacang. Selain membuat rasanya lebih enak juga memberikan asupan protein pada tubuh.

( eka / Odi )

Referensi :

http://food.detik.com/read/2009/09/28/172743/1210532/294/ubah-kebiasaan-makan-anda

3 komentar

  1. keren nih info..lengkap bgt..thx y
    (http://tric06.student.ipb.ac.id/)


    • ok,,,siip mba! Qt disini berbagi artikel saja😀



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: